Official Website of Automation Engineering

About Automation

Kemajuan dibidang teknologi terutama pada bidang Elektronika dan teknologi ICT sangat pesat dan ini sangat mempengaruhi kemajuan pada proses produksi di industri, ada tuntutan bagi industri yaitu bekerja cepat, optimal, jumlah produksi banyak dan ketelitian serta akurasi produk sebagai tuntutan kualitas harus dipenuhi. Untuk memnuhi tuntutan tersebut tidak mungkin dipenuhi apabila masih mengandalkan kemampuan manual dan menggantungkan produksi dari kerja sumber daya manusia yang memiliki keterbatasan ketahanan bekerja dalam waktu yang lama, kerja malam hari, ketelitian dan kesamaan karakteristik hasil produk. Oleh karena itu sistem otomasi elektronika saat ini berkembang sangat pesat baik dari sisi teknologi, konfigurasi, maupun kapasitas dan kemampuannya. Sistem ini sangat universal dan fleksibel sehingga dapat dimanfaatkan oleh industri kecil sampai dengan industri besar di segala bidang dengan cakupan pemakaiannya sangat luas dan beragam. Otomasi dapat didefinisikan sebagai teknologi yang berlandaskan pada aplikasi sistem mekanik, elektronik dan komputer.

Sering aplikasi otomasi industri dibuat dalam bentuk robot industri, dan robot merupakan komponen utama dalam teknologi otomasi berfungsi sebagai pelaksana pekerjaan yang biasanya  dikerjakan oleh buruh, pekerja manusia. Oleh karena robot merupakan mesin yang dibuat dalam pabrik maka ia memiliki kemampuan dan daya Dengan demikian robot dapat diciptakan untuk tahan bekerja secara terus-menerus tanpa mengenal lelah. Penempatan robot dalam aplikasi otomasi industri hingga saat ini selalu berkembang, dalam aplikasinya robot industri dibuat mulai dari yang sederhana seperti belt konveyer, mesin pengisi minuman, mesin las otomatis sampai aplikasi robot modern untuk pembuatan mobil, pesawat terbang dan pusat tenaga nuklir.Dengan demikian robot dapat iciptakan untuk menggantikan posisi-posisi pekerja baik dalam bagian produksi dengan program keahlian rendah maupun sebagai pengganti teknisi profesional dengan program keahlian lebih komplek.

Kompetensi Lulusan D4 Teknik Otomasi PPNS-ITS :

Mampu merencana, merancang peralatan dan sistem: sistem menyeluruh, sistem kelistrikan, sistem pneumatic, sistem elektronik, sistem hidrolik, penepat mekanik dan sistem informasi.

Mampu mengoperasikan dan memelihara peralatan sistem otomasi, menerapkan teknik integrasi berbasis komputer (CAD/CAM) pada sistem manufaktur (CIM)

Mampu monitoring kinerja operasional sistem otomasi, mengevaluasi dan menyusun laporan hasil uji (Commisioning) dan mampu mengoperasikan software aplikasi bidang otomasi

Mampu berwirausaha

Fasilitas :

Laboratorium Instrumentasi, Listrik Dasar dan Fisika

Laboratorium Elektronika, Kontrol dan Mikroprosesor

Laboratorium Mesin Listrik

Laboratorium Reparasi Listrik

Laboratorium Elektronika Daya dan Penggerak Listrik

laboratorium Otomasi dan PLC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *